Sabtu, 13 Oktober 2012

BISA APA..??


Dua kata yang sulit untuk dijawab, jika kita tidak memiliki kemampuan atau skill yang baik saat terjun kedunia pekerjaan.. Itu yang akan di tanyakan ketika kita lulus kuliah dan melamar kerja, disaat kuliah kita memang banyak mendapakan banyak materi pelajaran, mulai dari dosen ataupun pada saat kita praktikum, tapii, ketika kita tidak focus dalam melaksanakan kuliah, makan kita tidak akan bisa menyerap pelajaran yang ada kaetika kita kuliah, dan hanya cenderung memikirkan hal-hal yang diluar kuliah, bermain, senang-senang.

Tapi, secara tidak sadar kita telah menyia-nyiakan waktu kita begitu saja, tidak ada manfaat dari kita yang hanya bersenang-senang dan bermain, setelah kita lulus kuliah nanti, apa ilmu yang didapat dari pendidikan S1 selama 4tahun (normalnya).

Kita akan ditanya anda BISA APA..?? apa keahlian anda, dan sebagainya menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan dunia kerja, ketika ditanya seperti itu, pasti kita akan terdiam jika kita tidak memilik skill yang baik, serta tidak memiliki keahlian apapun. Itu terjadi karena disaat kita kuliah, kita hanya main-main saja, tidak mempedulika bagaimana masa depan kita nanti.

 Seperti ketika saya mengisi waktu libur semester genap kemarin, saya mencoba magang di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD), ketika saya di interview muncul pertanyaan seperti itu, “apa keahlian anda..??” “anda BISA APA..??” daan, saya hanya bisa menjawab apa yang spontan keluar dari mulut saya, tapii, Alhamdulillah saya diterima dan diberi kesempatan magang di Kemdikbud.

Itu menjadi pelajaran bagi saya, betapa pentingnya ilmu disaat kita kuliah nanti, untuk menentukan masa depan saya nanti, jadii saya akan berusaha semaksimal mungkin supaya saya dapat menjawab pertanyaan itu jika suatu saat nanti saya kembali menghadapi interview, saya bisa bisa menjawab dengan tenang dan pasti, didorong dengan skill atau kemampuan yang saya miliki, terutama di bidang computer, dimana pendidikan itu yang saya dapat selama saya kuliah.

 Tentu bukan hanya saya yang akan memiliki masalah seperti itu, mungkin, banyak mahasiwa yang memang belum bisa menguasai materi yang ada di saat perkuliahaan, maka alangkah baiknya jika kita bisa bertukar pendapat sesama mahasiswa untuk lebih meningkatkan ilmu yang kita dapat.

Ingat, orang yang pelit ilmu, maka tidak akan bertambah ilmu yang dia punya.. :D maka dari itu supaya kita bisa menjawab pertanyaan “Bisa Apa” saat interview, kita harus lebih giat lagi untuk belajar, belajar dan belajar, serta memberikan ilmu itu kepada yang lain supaya berguna bagi semua..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar